Tambun, Mahluk Air Penghuni Sungai Kalimantan

Tambun, Mahluk Air Penghuni Sungai Kalimantan - Halo selamat pagi sobat sukamitos, kali ini kita akan membahas salah satu mahluk penghuni sungai kalimantan. Mungkin beberapa dari kalian yang tinggal di pinggiran sungai semasa kecil sering ditakuti-takuti dengan mahluk bernama "Tambun". 

"Awas bila banyu dalam jangan bakunyung di sungai, kaina dimakan tambun". (awas bila air sungai dalam/sedang pasang jangan berenang disungai, nanti dimakan tambun) begitulah kira-kira perkataan orang tua kepada anaknya apabila sedang hujan atau air sungai sedang pasang.

Lalu apa sebenarnya tambun itu, Seekor binantang kah, atau salah satu jenis mahluk halus kah.?

Istilah tambun sering terdengar di Masyarakat Kalimantan Selatan (Suku Dayak dan Suku Banjar). Tambun diyakini sebagai makhluk yang hidup di sungai dan akan muncul apabila air sungai naik atau pasang.


Kemunculan tambun biasanya diawali dengan timbulnya pusaran air yang besar (ulakan) di sungai. Jika tanda tersebut muncul maka sangat berbahaya bagi siapapun yang berenang disekitarnya bisa-bisa tenggelam kedalam pusarannya alias di "tarik tambun"

Karena bisa membuat manusia tenggelam jadi Tambun ini tergolong mahluk berbahaya dan ditakuti oleh masyarakat daerah pinggiran sungai.

Dari cerita beberapa orang yang "katanya" pernah melihat mahluk ini, Tambun digambarkan bentuknya seperti sapi, ada juga yang mengatakan seperti kuda nil.

Akan tetapi sampai sekarang tak ada seorangpun yang dapat menggambarkan secara detail bentuk nyata dari Tambun ini, karena tidak ada bukti seperti foto atau video tentang mahluk ini. yang ada hanya penjelasan lisan dari "katanya - katanya" saja.

Karena tidak ada bukti nyata tentang bentuk mahluk ini, tetapi keberadaanya sangat diyakini oleh masyarakat. Mungkinkah tambun ini merupakan mahluk halus.?

Dalam kepercayaan "Kaharingan" (Kepercayaan yang dianut oleh Suku Dayak) dikenal dengan adanya penguasa alam bawah (air) yang dikenal dengan sebutan Tambun. Dalam kepercayaan Kaharingan, Tambun digambarkan bentuknya seperti naga atau ular besar.  

Tambun diyakini tinggal di sungai yang airnya dalam (lu-uk) dan terdapat pusaran air (ulakan/ba-ulak).

Khusus di Daerah Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Selatan ada beberapa tempat yang diawali dengan kata Lok, seperti Lok Laga, Lok Sado, Lok Lahung dll. Lok berasal dari kata lu-uk yang artinya bagian sungai yang dalam.  Mungkin saja pada zaman dulu didaerah tersebut dihuni oleh tambun.

Kepercayaan tentang adanya makhluk air bernama tambun ini diceritakan secara turun-menurun sampai saat ini.

Bagi orang tua yang anaknya suka mandi ke sungai sering ditakut-takuti dengan kemunculan tambun. Apalagi setelah hujan lebat turun dan air sungai mulai dalam maka anak-anak dilarang mandi di sungai ditakuti nanti dimakan tambun.

Terlepas dari tambun ini hanya mitos atau benar benar ada, Pesan yang dapat kita ambil dari cerita rakyat ini adalah bagi anak-anak terutama yang belum mahir berenang, jangan berenang di sungai apabila sungai sedang dalam. Air sungai yang sedang naik biasanya berarus deras dan berbahaya bagi anak-anak.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar