Ciri - Ciri Babi Ngepet

Ciri Ciri Babi Ngepet - Halo selamat pagi sahabat sukamitos, kali ini kita akan membahas salah satu jenis pesugihan yang saya yakin tidak asing bagi kita semua, Yakni pesugihan babi ngepet.

Seperti pesugihan lainnya, pesugihan babi ngepet adalah cara untuk mendapatkan kekayaan/uang secara instan dengan meminta bantuan dari setan.

Bila usaha bangkrut, kemudian terlilit utang, bisa membuat seseorang gelap mata. Apalagi bila imannya lemah, Agar tidak semakin miskin, lalu mencari jalan pintas untuk memecahkan persoalan.

Biasanya orang yang mau melakukan pesugihan semacam ini adalah orang yang sudah kehilangan akal sehat, karena pesugihan babi ngepet ini resikonya sangat besar bahkan sampai nyawa taruhannya.

Ritual pesugihan babi ngepet ini berawal dari kepercayaan sebagian orang bahwa siluman babi bisa mengabulkan permintaan manusia yang meminta harta dunia.


Di beberapa daerah di Indonesia khususnya di pulau Jawa, Ada beberapa lokasi tempat pemujaan siluman babi, Seperti di daerah Watudodol. Terletak di kawasan hutan lindung antara Banyuwangi dengan Situbondo Jawa Timur. di mana seseorang kemudian melakukan perjanjian untuk menjadi babi ngepet. Di daerah Jawa Timur, pesugihan babi ngepet ini biasa disebut 'celeng kresek'.

Sebenarnya siapapun bisa melakukan pesugihan 'celeng kresek' ini. Tapi harus kuat puasa ngebleng selama tiga hari di Watudodol. Sediakan sesaji berupa kembang telon, minyak wangi dan secawan darah ayam cemani. Kemudian diletakan di bawah sebuah pohon paling besar yang terdapat di sana.

Setelah dibacakan mantera tertentu konon Siluman babi akan muncul. Kemudian terjadilah 'dialog' apa yang dikehendaki dan melakukan perjanjian, ambillah air liur siluman babi tersebut.

Di rumah, air liur dibasuhkan pada wajah anak yang belum mencapai akhil baliq. Anak siapa pun boleh. Selang beberapa hari, anak kecil tersebut akan meninggal sebagai tumbal (lebon).

Kalau tumbal tak terpenuhi, maka dia sendiri yang akan mati karna sudah melakukan perjanjian. Tapi bila sudah ada tumbal, Silmuan babi akan membantu mencari uang. Setiap 35 hari sekali, siluman babi harus diberi sesaji semangkuk darah ayam cemani.

Dalam ritual pesugihan babi ngepet ini, wajib ada dua orang yang bekerja sama, karna dua orang tersebut memiliki tugas masing-masing.

Salah satu bertugas menjadi babinya, dan salah seorang lainnya menjadi penjaga api lilin. Maka dari itulah biasanya yang mempraktekan pesugihan babi ngepet ini adalah pasangan suami istri.

Ketika memulai ritual babi ngepet ini, Lilin yang menyala diletakkan di sebuah wadah baskom berisi air, dan harus dijaga apinya.

Sebelum berubah menjadi babi, si pelaku babi ngepet biasanya akan mengenakan jubah hitam dan memakan kotoran siluman babi terlebih dahulu kemudian seketika wujudnya akan berubah menjadi seekor babi hutan dan siap beraksi kerumah warga yang akan digasak hartanya.

Babi jadi-jadian tersebut akan menggesek-gesekkan pantatnya ke dinding rumah korban untuk mengambil semua harta yang ada di rumah tersebut.

Semua uang akan masuk ke dalam kantong babi ngepet yang umumnya tersimpan di jubah hitam yang dikenakannya ketika ritual. Ada pula yang berpendapat kalau uang akan muncul di sebuah baskom yang sudah disediakan di rumah si pelaku babi ngepet tersebut.

Dengan cara ajaib ini, babi jadi-jadain tak perlu repot masuk ke dalam rumah seperti maling sehingga kemungkinan untuk ketahuan akan sangat kecil.

Ketika si "Babi" beraksi, Si penjaga lilin harus terus waspada, tidak boleh mengantuk dan tak boleh sampai tertidur. Ia harus mengamati nyala api lilin sampai si babi ngepet pulang.

Keselamatan si babi sangat tergantung pada penjaga lilin. Apabila api lilin bergoyang-goyang, tandanya si babi sedang dalam kesulitan  (seperti dikejar warga). Karna babi jadi-jadian tersebut tetap akan terlihat oleh mata manusia normal tidak seperti tuyul yang tak kasat mata.

Pada saat seperti ini, si penjaga lilin harus mematikan api agar si babi berubah wujud menjadi manusia kembali.

Apabila di dalam kesulitan si penjaga lilin lupa mematikan api, maka babi akan tetap jadi babi dan bahayanya akan terus diburu sampai tertangkap warga. Bila tertangkap babi tersebut bisa mati dikeroyok.

Itulah sekilas tentang pesugihan babi ngepet, Berikutnya akan kita bahas tentang ciri - ciri  babi ngepet, kenapa perlu dibahas, karena sering terjadi salah tangkap warga, yang ditangkap babi binatang bukan babi ngepet.

Ciri yang babi ngepet yang pertama, Babi jadi-jadian akan cepat lari dan bersembunyi ketika melihat warga, babi tersebut memiliki kecerdasan seperti manusia.

Ciri yang babi ngepet yang kedua, Biasanya ukuran babi jadi-jadian lebih besar dari babi binatang.

Ciri yang babi ngepet yang ketiga, Jika pemukiman warga jauh dari hutan atau tidak ada habitat babi di sekitar daerah tersebut namun kedapatan ada babi ditengah pemukiman. Dari mana datangnya babi tersebut patut dipertanyakan.

Ciri yang babi ngepet yang terakhir,  Di daerah tersebut, warga sering kehilangan uang harta bendanya, tak lama berselang ada seekor babi kedapatan didekat rumah warga.

Nah itulah tadi sedikit tentang Ciri - Ciri Pesugihan Babi Ngepet, jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar