Poseidon, Dewa Penguasa Lautan

Poseidon, Dewa Penguasa Lautan - Selamat pagi sobat Sukamitos, kali ini kita akan membahas tentang dewa yang cukup terkenal ya, saudaranya Zeus.. tinggalnya dilautan.. siapa dia.? Yap betul Poseidon.

Siapa Poseidon ..?
Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa lautan, sungai, dan juga danau. Poseidon mempuyai senjata sakti berupa trisula yang dapat membuat banjir dan bahkan gempa bumi. Dulunya trisula tersebut dibuat oleh para Cyclops semasa Titanomakhia.

Dalam mitologi Romawi, Poseidon dianggap sebagai Neptunus. Dia juga dikenal dengan banyak julukan sebagai berikut: Aigaios, Asfaleios, Kuirios, Damatites, Epaktaios, Epopsios, Gaiaokhos, Genethlios, Helikonios, Hippios, Hippokurios, Isthmos, Lekhaios, Onkhestios, Patros, Petraios, Samikos, Samios, Tainarius.

Poseidon merupakan anak dari Titan Kronos dan Rea. Dalam beberapa cerita, dia ditelan oleh Kronos setelah dia lahir tetapi berhasil diselamatkan oleh Zeus.  Poseidon dibesarkan oleh para Telkhines di Rhodes atas permintaan Rea, seperti Zeus yang juga dibesarkan oleh para Kuretes di Kreta.

Ketika dunia dibagi menurut undian, Zeus memperoleh langit, Hades mendapat Dunia bawah dan Poseidon mendapat lautan. Dalam Odyssey, Poseidon memiliki istana di Aegae di mana dia menyimpan kudanya yang memiliki surai emas. Meskipun ia tinggal di lautan, ia sering juga hadir dalam pertemuan para dewa di Olympus.


Poseidon mempunyai kendaraan kesayangan (mirip delman, hehe) yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon sendiri mempunyai istri yang bernama Amfitrit dan anak bernama Triton.

Dalam perang antara raksasa versus para dewa, Poseidon bertarung melawan raksasa Polibotes. Poseidon mengejarnya dan akhirnya dapat membunuhnya dengan cara melempar sebuah pulau pada Polybotes. Poseidon juga pernah membunuh para Centaur ketika mereka sedang dikejar-kejar oleh Herakles.

Suatu ketika Raja Kreta, Minos, meminta seekor banteng pada Poseidon dan berjanji akan mempersembahkan banteng tersebut dalam pemujaaan terhadap Poseidon. Poseidon kemudian memunculkan seekor banteng putih yang indah dari laut.

Banteng tersebut mampu berjalan di atas air. Tetapi Minos melanggar janjinya dan menolak mempersembahkan banteng tersebut akibatnya Poseidon membuat istri Minos, Pasifae, jatuh cinta pada banteng tersebut sampai akhirnya Pasifae melahirkan Minotaur, setengah manusia setengah banteng.

Poseidon juga dikenal sebagai dewa yang menciptakan zebra dalam usahanya untuk menciptakan hewan paling indah di dunia. Poseidon berusaha menciptakan hewan terindah untuk dapat menarik hati Demeter. Tetapi ketika telah berhasil menciptakan hewan terindah, yaitu kuda, ketertarikannya pada Demeter telah hilang.

Poseidon dipuja di Pylos dan Thebes sejak zaman perunggu Yunani sebagai saudara Zeus dan Hades. Ada sebuah Himne Homeros untuk Poseidon. Poseidon mempunyai banyak anak. Poseidon merupakan pelindung bagi banyak kota di Yunani, meskipun dia gagal mendapatkan Kota Athena. Binatang kesukaan Poseidon adalah kuda dan banteng. Pohon pinus juga dikeramatkan baginya.

Nah itulah tadi cerita tentang Poseidon, Dewa Penguasa Lautan, silahkan berikan komentar kalin tentang dewa yang satu ini..

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar