Cicada 3301, Kelompok Penyebar Teka Teki Misterius

Cicada 3301, Kelompok Misterius Penyebar Teka Teki Sulit - Kali ini kita akan membahas sebuah organisasi yang sering menyebarkan teka teki tingkat tinggi, siapa dia..?? yap betul Cicada 3301 ..!

Apa itu Cicada 3301 ?
Cicada 3301 adalah nama sebuah Kelompok kriptografer misterius yang sering membuat dan menyebarkan puzzle yang sangat sulit untuk di pecahkan.

Puzzle atau teka teki yang di sebarkan ke masyarakat biasanya berupa gambar yang telah di susupi data atau informasi rahasia bisa berupa tulisan kecil pada gambar yang hanya bisa dilihat jika gambar tersebut di zoom 800 kali, kata-kata pada gambar harus di susun sedemikian rupa sehingga memiliki arti tertentu.

Teknik lainnya yang digunakan Cicada 3301 adalah dengan menyembunyikan file yang hanya bisa dibaca menggunakan program sejenis steganography atau program-program lainnya. Informasi yang telah didapat dari gambar itu nantinya akan membawa kita sebagai pemecah kode ke tahapan selanjutnya.


Tidak terbatas pada teknik menyembunyikan informasi pada gambar, teka teki atau puzzle yang mereka ciptakan juga mencakup ranah seni, teori angka, pemrograman, karya sastra kuno, steganography, dan juga hacking.

Nantinya teka teki tersebut akan disebar dalam bentuk poster yang akan ditampilkan di berbagai kota di seluruh dunia. Teka teki atau puzzle oleh kelompok Cicada 3301 ini biasanya selalu dimulai pada 4 januari tiap tahun.

Sampai sekarang Cicada 3301 tercatat telah enam kali memasang teka teki yang meruwetkan serta permainan-permainan realita alternatif yang menarik perhatian para  ahli pemecah kode dari seluruh dunia.

Teka teki pertama di internet dibuat sejak 4 Januari 2012 yang kurang lebih dimainkan selama satu bulan, Kemudian teka teki kedua dibuat pada 4 Januari 2013 dan teka teki ketiga mulai dibuat sesudah adanya pemberian petunjuk-petunjuk baru yang pemberitahuannya ditempatkan di Twitter sejak 4 Januari 2014.

Arahan perhatian tersebut dimaksudkan untuk mengambil orang-orang cerdas sebagai pekerja dengan menyajikan rentetan teka-teki supaya masing-masing persoalannya bisa diselesaikan dalam rangka mencari penyelesaian masalah pada teka-teki berikutnya.

Tak ada satupun teka-teki baru yang dimuat untuk umum pada 4 Januari 2015. Meski demikian, sebuah teka-teki baru dipasang kepada khalayak pada 5 Januari 2016. Teka-teki tersebut banyak menitik beratkan pada keamanan data, kriptografi dan steganografi.

Teka-teki tersebut telah dianggap sebagai teka-teki yang paling rumit dan paling misterius sepanjang sejarah dunia internet.

Apa tujuan Cicada 3301 ?
Seperti tulisan pada salah satu teka-teki atau puzzle yang mereka buat bahwa mereka mencari seseorang dengan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi untuk memecahkan tiap kode dari permainan puzzle yang mereka buat. selanjutnya siapapun yang berhasil memecahkan kode tersebut akan di beri hadiah dan di rekrut sebagai member kelompok Cicada 3301.

Selain itu banyak juga orang menduga bahwa teka-teki tersebut merupakan sebuah alat penerimaan tenaga-tenaga baru untuk Dinas Keamanan Pusat (atau disingkat NSA dan CSS), Badan Kepengintaian Pusat (atau CIA), dan Dinas Kepengintaian Rahasia (atau MI6).

Nah itulah tadi cerita tentang Cicada 3301, Kelompok Misterius Penyebar Teka Teki Sulit, untuk contoh teka-tekinya bisa kalian cari sendiri di google. Silahkan berikan tanggapan kalian tentang kelompok ini di kolom komentar di bawah.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar