Asal Usul Hantu Pocong

Asal Usul Hantu Pocong - Siapa yang tidak kenal dengan hantu pocong? Hantu pocong sangat populer di Indonesia. Dari anak-anak sampai orang dewasa semuanya pasti tau dengan jenis hantu yang satu ini.

Apa itu Pocong ..?
Hantu pocong adalah hantu yang berwujud seperti guling, atau lebih seperti mayat yang masih terbungkus kain kafan. Dengan wajah "rata" dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas serta wajah putih pucat.

Dalam banyak film, pocong sering digambarkan bergerak dengan melompat, Padahal faktanya pocong bergerak dengan melayang. Hal ini juga bisa dijadikan cara untuk mendeteksi mana hantu pocong asli atau hantu pocong palsu.

Asal Usul Hantu Pocong
Dimulai ketika ada seseorang yang meninggal kemudian dimakamkan tanpa membuka ikatan tali  kain kafannya. Mayat yang tidak dilepas tali pengikat kafannya sewaktu dimakamkan akan membuatnya bergentayangan pada malam hari setelah dia dimakamkan.

Konon, orang-orang yang akan ditemui hantu pocong adalah orang-orang yang turut membantu prosesi pemakamannya. Pertama, hantu pocong akan mendatangi orang-orang yang turun ke dalam liang kubur ketika meletakkan mayatnya. Karena orang-orang inilah yang lupa melepaskan tali pengikat kafan si mayat.

Kedua, hantu pocong juga akan menampakkan diri kepada para keluarganya untuk memberikan pertanda bahwa ada keinginan atau sesuatu yang belum diwujudkan.

Jadi tujuan si hantu pocong menampakan diri sebenarnya hanyalah agar orang-orang mengetahui bahwa ada hal yang tidak beres pada saat pemakamannya. Hantu pocong ingin orang-orang mendatangi makamnya, menggalinya dan melepas tali pengikat kain kafannya agar ia bisa pergi dengan tenang.


Tanda Kehadiran Hantu Pocong
1.  Timbulnya Perasaan Aneh
Satu tanda-tanda yang paling sering muncul sebelum terjadinya penampakan hantu pocong adalah timbulnya perasaan aneh luar biasa. Hal ini terjadi karena sosok pocong yang sudah datang berhasil menyerap energi disekitarnya. Suhu ruangan menjadi lebih dingin dan kaki gemetar adalah gejala metafisik yang dapat langsung dirasakan oleh sesorang yang akan melihat penampakan pocong.

2.  Suara-suara yang aneh
Selain memunculkan tanda-tanda berupa perasaan aneh, kehadiran pocong di sekitar kita juga akan membuat telinga kita lebih peka. Suara-suara aneh seperti orang tertawa, menangis, atau suara seperti orang berjalan akan terdengar sangat jelas. Suara yang timbul juga bisa berupa suara ketukan dinding atau pintu dengan ritme teratur sebanyak 3 kali, 7 kali, atau 9 kali.

3.  Bau-bauan yang tak biasa
Aroma atau bau-bauan minyak-minyak mistik menyerbak seketika dengan sangat kuat menembus lubang hidung dan tercium sempurna merupakan tanda bahwa hantu pocong yang akan muncul di hadapan kita adalah hantu pocong dari jenis jin islam yang usil, sedangkan aroma bau busuk adalah tanda dari awal kehadiran hantu beraura negatif atau jin-jin kafir.

4.  Benda-benda yang bergerak
Tanda penampakan pocong lainnya adalah adanya benda-benda yang bergerak seketika tanpa disentuh apa pun. Benda yang bergerak spontan ini biasanya benda-benda yang tergantung di dinding seperti bingkai foto, jam dinding atau kalender. Kadang kali benda-benda kaca juga bergerak dengan sendirinya ketika sosok pocong yang datang berasal dari jin dengan kekuatan besar.

5.  Perilaku anjing menjadi aneh
Anjing diketahui memiliki pendengaran yang sangat kuat. Telinganya mampu menangkap suara yang ditimbulkan dari getaran-getaran rendah. Getaran yang menandakan kedatangan pocong dipercaya juga merupakan getaran dengan frekuensi rendah. Anjing dalam hal ini mampu menangkap gelombang suara tersebut dan merasakan kehadiran sosok hantu berbalut kain kafan ini. Perilakunya akan berubah, ia tiba-tiba menggonggong atau tiba-tiba meringkuk sembari mengibas-ibaskan ekornya dengan cepat.

Nah itulah tadi sedikit cerita tentang Asal Usul Hantu Pocong, Bagaimana jika suatu hari kalian ketemu hantu pocong. apak yang akan kalian lakukan.? hehe

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar