Tuyul, Jin Botak Yang Gemar Mencuri

Tuyul, Jin Botak Yang Gemar Mencuri - Selamat pagi sobat sukamitos, kabar baik ya. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis pesugihan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, yaitu Tuyul. Agar lebih paham mengenai tuyul mari kita simak penjelasan berikut ini..

Apa itu Tuyul ..?
Tuyul atau Thuyul (bahasa Jawa) merupakan makhluk halus/jin yang digambarkan seperti anak kecil berumur 5 tahunan dengan kepalanya yang botak. Tuyul ini bisa ditugaskan oleh majikannya yang seorang manusia untuk alasan-alasan tertentu terutama untuk mencuri uang.

Untuk menangkal tuyul mencuri dirumah, orang-orang biasanya meletakan kepiting kecil (yuyu) atau kelereng di sudut-sudut rumah. Hal ini karena tuyul dianggap bersifat seperti anak kecil yang masih suka bermain. Tuyul akan memainkan kepiting atau kelereng tadi sehingga mereka akan lupa dengan tugas yang diberikan oleh majikannya.


Tuyul sangat populer daripada cerita-cerita hantu yang lain karena banyak terjadi kasus orang kehilangan uang dirumahnya tanpa tahu siapa pencurinya, sehingga orang-orang beranggapan ada sesosok mahluk halus yang mengambil uangnya yaitu tuyul.

Maraknya kasus tuyul mencuri uang tidak terlepas dari adanya golongan manusia yang memanfaatkan tuyul sebagai jalan pintas agar mendapatkan kekayaan dengan cara yang cepat dan instan tanpa harus kerja keras yaitu dengan pesugihan.

Selama ini tuyul dipercaya berwujud seperti anak kecil berumur 3 - 5 tahunan dan berkepala gundul. itu memang betul, Tetapi sosok tuyul itu sebenarnya ada 3 jenis yaitu :

1. Tuyul yang berwujud bocah kecil dengan perut buncit dan kepala gundul.

2. Tuyul yang berwujud bocah kecil tubuhnya kurus, berkepala gundul, tetapi mulutnya dengan posisi vertikal, tidak seperti manusia normal kebanyakan, Tuyul ini disebut Kamtil.

3. Tuyul yang berwujud bocah kecil berperut buncit, namun kepalanya berambut gimbal. Tuyul ini disebut Gambruk.

Sifat dari ketiga jenis tuyul tersebut sama yakni semuanya suka diasuh (diemong) oleh majikannnya. Untuk memelihara Tuyul sebenarnya tidak sulit hanya memerlukan jodoh saja dengan si tuyul.

Untuk tuyul jenis kamtil khusus hanya bisa dipelihara oleh wanita saja, karena tuyul ini kesenanganya adalah menyusu payudara (netek). Maka dari itu ciri wanita pemelihara tuyul kamtil ini secara fisik, tubuhnya selalu kurus karena sari-sari dalam di tubuhnya selalu dihisap oleh si tuyul.

Sedangkan untuk tuyul jenis gambruk, tuyul ini sukanya digendong di punggung kemanapun majikannya pergi. sehingga tuyul jenis ini dapat dipelihara oleh laki-laki maupun perempuan. majikannya hanya dapat melepaskan gendongannya ketika si tuyul sedang melakukan pencurian.

Jadi ciri orang yang memelihara tuyul jenis gambruk ini kalau berjalan selalu membungkuk dengan kedua telapak tangan dirapatkan kebelakang seperti posisi orang yang sedang menggendong bocah kecil.

Semua jenis tuyul selalu dituntun atau ditunjukan tempat dimana dia harus mencuri, karena mereka baru mau bekerja jika ditugaskan majikannya dan ditunjukkan di mana tempatnya.

Nah itulah tadi cerita tentang Tuyul, Jin Botak Yang Gemar Mencuri, gimana sobat sukamitos, tertarik untuk memeliharanya... Jangan ya..!

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar