Tengu, Manusia Burung Dari Jepang

Tengu, Manusia Burung Dari Jepang - Selamat pagi sukamitos.. Kabar baik ya,, kali ini kita akan membahas mahluk mitologi yang bernama Tengu, Sudah pernah mendengarnya.? kalau belum, silahkan simak artikel berikut ini ya.

Apa itu Tengu ..?

Tengu adalah salah satu makhluk mitologi dari Jepang yang menghuni gunung. Tengu digambarkan memiliki hidung yang panjang, mukanya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang.

Ia bisa terbang bebas di langit sambil membawa sebilah tongkat yang disebut konguzue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Pekerjaannya adalah menghalangi orang yang ingin mendalami ajaran Buddha.

Kata Tengu sebenarnya berarti "Anjing langit". Dalam mitologi Cina, makhluk ini juga memiliki tempat tersendiri dengan nama Tien Kou (Tiangou) yang artinya juga anjing langit. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan bentuk Tengu. Makhluk ini tidak memiliki rupa anjing, melainkan lebih mirip seperti burung.


Secara umum, Tengu memiliki dua bentuk fisik. Yang pertama disebut Karasu tengu yang memiliki kepala dan paruh seperti burung. Yang kedua adalah Yamabushi Tengu yang memiliki bentuk seperti manusia namun memiliki sayap dan hidung yang panjang.


Cerita Tengu bermula sekitar abad ke-6 Masehi bertepatan dengan tibanya ajaran Budha ke Jepang. Tengu dianggap sebagai mahluk (yokai) yang tinggal di hutan dan pegunungan. Mereka dipercaya memiliki kekuatan supranatural seperti dapat berubah menjadi manusia atau hewan, dan mampu pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat menggunakan sayapnya.

Catatan kuno yang dianggap paling pertama menyebut  mahluk Tengu adalah Buku Nihon Shoki, yang ditulis pada tahun 720 Masehi, Dalam buku tersebut disebutkan bahwa pada abad itu ada sebuah meteor melintasi langit Jepang dan meteor itu disebut oleh seorang rahib Budha sebagai Anjing Langit (Tengu).


Selanjutnya dalam Hikayat Heike, tengu diceritakan fisiknya seperti "Manusia tetapi tidak seperti manusia, burung tetapi tidak seperti burung, anjing tetapi tidak seperti anjing, tangan dan kakinya seperti tangan dan kaki manusia, wajahnya seperti anjing, memiliki sayap di kanan kiri, dan bisa terbang."

Legenda lainnya yaitu, cerita tentang prajurit legendaris Jepang bernama Minamoto no Yoshitsune yang hidup pada tahun 1159-1189. Ia pernah berlatih ilmu pedang dengan raja Tengu di gunung utara Kyoto.

Sebenarnya di Indonesia juga ada Tengu, tepatnya di Kalimantan Selatan, Dilihat dari penggambarannya Tengu (tubuh seperti manusia, hidung panjang) lebih mirip seperti bekantan.  Bekantan juga bisa terbang dari pohon satu ke pohon yang lain. Mungkin saja kan yang orang lihat pada zaman dulu adalah bekantan. hehe.. (hanya pendapat admin)


Tapi namanya juga mahluk mitologi ya, kita tidak akan tau nyata atau tidaknya mahluk tersebut. Mungkin orang zaman dulu menggambarkannya seperti itu karna memang mereka melihatnya seperti itu. Nobody Knows..

Nah itulah tadi cerita pendek dari Tengu, Manusia Burung Dari Jepang, silahkan berikan pendapat kalian tentang mahluk yang satu ini.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar