Saranjana, Kota Gaib Di Kalimantan

Saranjana, Kota Gaib Di Kalimantan - Apa kabar sukamitos, kali ini kita akan membahas sebuah Kota yang maju.. Apa coba..?  Wakanda ..? Bukan.. Tapi, Saranjana..! Terdengar asing..? tidak, bagi orang kalimantan.

Apa itu Kota Saranjana ..?
Saranjana adalah sebuah kota gaib yang sangat terkenal bagi warga Kotabaru Kalimantan Selatan bahkan sudah sejak zaman dulu orang mempercayainya. Konon katanya kota ini sangat maju layaknya kota metropolitan dan di huni oleh bangsa gaib (jin).

Lokasi tepatnya kota saranjana ini sebenarnya masih simpang siur. Ada yang mengatakan letaknya di sebuah bukit kecil yang terletak di Kecamatan Pulau Laut  Kalimantan Selatan. Tetapi yang pasti letaknya berada pada sebuah pulau.


Masyarakat Kotabaru menyebut pulau tersebut dihuni oleh jin. Mereka membangun sebuah kota yang disebut Saranjana. Karena itulah penduduk menyebut Saranjana sebagai kota gaib. Kota Saranjana ini benar-benar ada, tapi hanya mereka yang terpilih dan memiliki kemampuan lebih saja bisa melihat kota tersebut.

Seperti kota besar pada umumnya, kota gaib Saranjana ini juga memiliki jalan yang lebar, gedung pencakar langit, dan kendaraan yang berlalu lalang. Di Kota Saranjana juga terdapat perumahan yang mewah. Rumah-rumah di Kota Saranjana sangat megah dengan pagar tinggi mengkilat.

Masyarakat saranjana hidup dengan bertani dan bahkan pada musim haji banyak yang menunaikan ibadah haji.  Konon disana juga ada semacam bupati atau gubernur -penguasa wilayah.


Cerita dari orang yang pernah masuk ke Saranjana, ada perbedaan yang mencolok dengan dunia nyata yaitu disana nasinya lebih besar dari nasi di dunia nyata, buah jambunya lebih besar dari jambu di dunia nyata, tapi begitu buah jambunya dibawah kedunia nyata, ajaibnya buah jambu itu berubah seperti buah jambu biasa.

Sebenarnya sangat banyak cerita-cerita tentang kota saranjana ini, mulai dari seseorang yang hilang usut punya usut ternyata dibawa kedalam kota saranjana dan dijadikan Imam disana, Ada lagi dealer mobil yang mengirimkan puluhan mobil dan alat berat, setelah sampai di kotabaru ternyata alamat yang dituju  (kota saranjana) tidak ada, padahal pembayarannya lunas, jadi akhirnya mobil tadi ditinggal begitu saja di hutan.

Asal-usul kota saranjana
Admin diceritakan oleh orang yang ahli dalam dunia gaib, beliau diceritakan penghuni saranjana langsung. Beliau bercerita dulu Desa saranjana itu berada di dunia nyata, dan penduduknya adalah manusia biasa sama seperti kita ini.

Pada suatu hari ada pasukan (entah pasukan belanda, atau pasukan kerajaan admin kurang yakin) yang mau menyerang saranjana.  Dengan dilanda kecemasan akan serangan pasukan tersebut, maka para penduduk saranjana kemudian meminta pertolongan kepada salah satu orang yang berilmu tinggi dan sangat alim di sana.  Kemudian Dia berdoa agar Desa saranjana dan penduduknya diselamatkan dari serangan tersebut.

Doa tersebut dikabulkan, para pasukan tidak dapat menemukan Desa saranjana. Usut punya usut ternyata desa dan seluruh penduduknya berpindah alam ke alam gaib. Dan sejak saat itulah desa dan penduduknya menjadi gaib. Sama seperti manusia, mereka juga berketurunan dan lama kelamaan semakin banyak dan akhirnya membangun desa tersebut menjadi sebuah kota yang berkembang sampai sekarang.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar