Oni, Mahluk Bertanduk Pemakan Manusia

Oni, Mahluk Bertanduk Pemakan Manusia - Kali ini kita akan membahas mahluk mitologi dari asia lagi nih sobat, dari jepang tepatnya. Wujudnya seperti raksasa dan memiliki tanduk dikepalanya.. Dia adalah Oni ..! Terdengar asing ..? Simak cerita berikut..

Siapakah Oni ..?
Dalam Mitologi Jepang, Oni merupakan makhluk kuat, jahat, dan menakutkan serta memiliki kekuatan supranatural. Ia datang dari dunia lain membawa bencana/malapetaka, tetapi sebagian orang percaya bahwa oni juga bisa membawa nasib baik.

Kekuatan yang dimiliki Oni sangat mengerikan, dan dipercaya memiliki kekuatan baik sekaligus jahat, sehingga menjadi objek yang disembah tetapi juga dihindari kehadirannya. Oni termasuk salah satu jenis Yokai.

Secara fisik Oni digambarkan seperti laki-laki besar berambut gondrong dan keriting. Matanya besar menakutkan. Di kepalanya terdapat dua buah tanduk (oni merah) atau sebuah tanduk (oni biru). Mulutnya dipenuhi gigi yang bertaring, dan jarinya berkuku tajam. Pakaian hanya berupa sepotong cawat (fundoshi) dari kulit harimau. Senjata yang dibawanya disebut kanebo, yaitu sebuah gada yang berduri tajam.

Konon Oni merah lebih jahat dan kejam dibandingkan dengan Oni yang berwarna Biru. Dalam beberapa versi lain di Jepang disebutkan bahwa makhluk ini seringkali menunjukan dirinya sebagai wanita yang cantik untuk menggoda kaum pria, lalu memakannya setelah pria tersebut berhasil dijebaknya.


Penggambaran sosok Oni tersebut didasari dari konsep budaya Tiongkok yang menetapkan mata angin timur laut sebagai arah sial.  Mata angin timur laut berada di antara utara ("kerbau") dan timur ("harimau"), dan ditulis sebagai ushitora (kerbau-harimau).

Kerbau memiliki tanduk sehingga oni digambarkan bertanduk. Gigi taring dan kuku tajam berasal gambaran sosok harimau, dan diperkuat lagi dengan memakai cawat dari kulit harimau.

Dalam cerita, Oni dikalahkan oleh Momotaro dengan bantuan monyet, ayam, dan anjing. Semuanya hewan tersebut adalah nama mata angin yang berlawanan dengan arah timur laut.

Nah itulah tadi sedikit cerita tentang Oni, Mahluk Bertanduk Pemakan Manusia, Semoga dapat menambah wawasan bagi kita ya,, sekarang tuliskan komentar kalian mengenai mahluk tersebut..

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar