Hercules, Si Anak Haram Zeus

Hercules, Si Anak Haram Zeus - Selamat pagi sobat sukamitos, kali ini kita akan membahas sosok yang sangat terkenal, bahkan sering dibuat filmnya... Konon katanya di merupakan setengah dewa setangah manusia. siapakah dia.. ? Yap betul.. Hercules ..!

Siapakah Hercules ..?
Hercules atau juga disebut Herakles dalam mitologi Yunani, adalah putra dari Zeus (pemimpin para dewa) dengan Alkmene (manusia biasa). Ia merupakan pahlawan Yunani yang di ceriatakan selalu berusaha membantu masyarakat Yunani dalam menghadapi kesusahan yang disebabkan oleh monster ataupun ulah dari raja dan penguasa yang zalim.

Karena dia banyak mengalahkan monster, dia disebut telah "menjadikan dunia aman bagi manusia".

Secara fisik Hercules digambarkan seperti seorang pria kekar dengan atributnya yang khas berupa kulit singa dan alat pemukul.  Banyak cerita mengenai Hercules dan yang paling populer adalah Dua Belas Tugas Hercules.


Hercules sangat bangga sebagai anak Zeus Tetapi Hera sangat membencinya karena mengingatkannya pada ketidaksetiaan suaminya (Zeus).

Diceritakan bahwa Hercules merupakan anak Zeus di luar nikah yang sangat dibenci oleh Hera, Hercules adalah anak Zeus hasil perselingkuhan dengan Alkmene. Ketika itu Zeus menyamar menjadi Amfitryon, suami Alkmene, untuk bisa menidurinya. Alkmene langsung hamil setelah disetubuhi oleh Zeus.

Ketika lahir, bayi hercules pada awalnya diberi nama Alkides oleh orang tuanya. Kemudian Dia mengubah namanya menjadi Herakles (bermakna "kejayaan Hera") agar Hera tidak lagi membencinya namun gagal, Hera tetap membenci Hercules.

Saking bencinya Hera, beberapa bulan setelah hercules lahir, Hera mengirim dua ekor ular untuk membunuh Hercules. Tapi ternyata Hercules malah mencekik kedua ular tersebut. Pengasuh Hercules kemudian menemukan Hercules sedang memainkan tubuh ular tersebut layaknya mainan anak-anak.

Ketika dewasa Hercules menikahi anak raja Kreon, Megara. Suatu hari Hera mengganggu psikis hercules sampai membuat hercules menjadi gila dan menyebabkan Hercules membunuh anak-anaknya sendiri.

Kegilaannya ini kemudian disembuhkan oleh Antikireus, pendiri Antikira. Hercules menyadari dosanya, untuk menebus dosanya Ia menemui Orakel Delphi. Sang Orakel (Dibawah arahan Hera) menyuruh Hercules untuk mengabdi pada raja Euristheus dan diharuskan menjalankan sepuluh tugas yang diperintahkan oleh sang raja.

1. Membunuh Singa Nemea.
2. Membunuh Hidra Lernea.
3. Menangkap Kijang Kerineia.
4. Menangkap Babi Erimanthia.
5. Membersihkan kandang kuda milik Augeas
6. Membunuh Burung Stimfalia.
7. Menangkap Banteng Kreta.
8. Mengambil Kuda betina Diomedes.
9. Mengambil ikat pinggang Hippolita.
10. Mengambil ternak milik Geryon.

Dalam prosesnya, Hercules dituduh curang dalam menjalankan dua tugas. Euristheus tidak mengakui permbersihan kandang Auges karena Hercules meminta bayaran atas kerjanya. Euristheus juga menolak pembunuhan Hidra Lernea karena Hercules dibantu oleh sepupunya, Iolaus. Sehingga Euristheus memberinya dua tugas tambahan.

11. Mengambil apel Hesperides.
12. Menangkap Cerberus.

Hercules menjalankan kedua tugas tambahan tersebut dengan sukses dan menggenapkan jumlah tugasnya menjadi dua belas.

Pertempurannya yang paling terkenal adalah ketika Ia melawan Singa Nemea yang mana kulitnya kebal tehadap panah, pedang, dan racun. Dia berhasil mengalahkan singa tersebut dan memakai kulitnya sebagai pelindung badannya.


Pertempuran lain yang tak kalah menarik adalah ketika melawan Hidra, Hidra adalah naga yang ketika kepalanya tertebas akan tumbuh dua kepala. Hercules, setelah bersusah payah akhirnya berhasil mengalahkannya, mengambil racunnya, dan mengoleskannya ke busur panah yang dimilikinya, dan menjadikan senjatanya sangat ampuh dalam membunuh musuhnya.


Nah itulah tadi cerita dari  Hercules, Si Anak Haram Zeus. Jika kalian punya cerita versi lain bisa share dikolom komentar ya sobat.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar