Flying Dutchman, Kapal Hantu Penjelajah Tujuh Lautan

Flying Dutchman, Kapal Hantu Penjelajah Tujuh Lautan - Selamat malam sobat sukamitos, kali ini kita akan membicarakan hantu yang ada di lautan, Apa hayoo... Yap.. Flying Dutchman .. !

Apa itu Flying Dutchman ..?
The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, karena dikutuk untuk mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman kadang tampak dari kejauhan, biasanya disinari dengan sorotan cahaya redup.

Sebenarnya banyak versi cerita Flying Dutchman ini. Namun sebagian besar sumber yang mengatakan bahwa cerita ini berasal dari Belanda.

Diceritakan pada abad ke-17, Ada seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke tengah mengarungi lautan dari Belanda ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia ditengarai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan luar biasa tersebut.

Di tengah pelayarannya menuju pulau Jawa tiba-tiba cuaca buruk, sehingga kapal pun oleng. Lalu seorang awak kapal mendesak agar pelayaran dihentikan. Akan tetapi sang kapten enggan menghentikan kapalnya.

Lalu kapten berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya”.

Tiba -tiba badai menghantam dan menghancurkan sebagian kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam. Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para awak kapalnya.

Mereka menjadi mayat hidup dan berlayar mengarungi tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon, Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman.


Mitos modern menceritakan apabila suatu kapal biasa melihat kapal hantu ini (Flying Dutchman) dan awak kapal memberi signal kepada kapal hantu, maka kapal biasa itu akan tenggelam atau celaka.

Bagi seorang pelaut, pertemuan yang tak terduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya, Konon ada suatu cara untuk mengelak agar tidak berpapasan dengan kapal hantu tersebut, yakni dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan.

Catatan sejarah penampakan The Flying Dutchman 

1. Tahun 1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

2. Tahun 1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

3. Tahun 1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya, salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

4. Tahun 1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

5. Tahun 1939 : Kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang

6. Tahun 1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

7. Tahun 1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

8. Tahun 1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942

9. Tahun 1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.

Nah itulah tadi cerita asal-usul dari Flying Dutchman, Kapal Hantu Penjelajah Tujuh Lautan. Jika kalian punya cerita versi yang lain bisa dishare pada kolom komentar ya sobat..

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar