Panglima Burung, Sosok Sakti Pelindung Suku Dayak

Panglima Burung, Sosok Sakti Pelindung Suku Dayak - Kali ini kita akan membahas sosok sakti dari tanah borneo, sosok ini sangat populer di masyarakat pulau kalimantan, suku dayak khususnya.
sosok apakah yang dimaksud..? Yap betul.. Panglima Burung ..!

Siapakah Panglima Burung ..?
Panglima Burung atau Pangkalima Burung adalah seorang sosok legendaris dari tanah borneo yang diyakini sebagai tokoh pelindung dan pemersatu Suku Dayak, Kalimantan.

Ada yang percaya bahwa panglima burung adalah sosok jelmaan dari burung Enggang. Namun banyak juga masyarakat yang percaya bahwa dia adalah sosok gaib yang menghuni pedalaman hutan antara Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.


Dibalik sosok yang gaib atau tidak tersebut, Panglima Burung tetap sosok yang sangat diagungkan dan keramat bagi suku Dayak. Panglima Burung juga sosok yang sabar, berwibawa, sederhana dan tidak suka anarkis. Sosoknya akan hadir untuk melerai kerusuhan yang ada di tanah Dayak.

Tapi jangan sekali-kali menganggap remeh panglima burung karena sosok baik ini akan berubah menjadi sosok yang sangat kejam saat warganya dalam bahaya. Bahkan Ia belum puas dan tidak akan kembali ke hutan kalau musuh-musuhnya belum musnah.

Panglima Burung akan datang (turun gunung) sewaktu-waktu dalam bentuk seutuhnya atau merasuki seseorang untuk menolong apabila Suku Dayak sedang dalam posisi terancam, teraniaya, atau hendak melakukan peperangan.

Ritual untuk mendatangkan panglima burung disebuat ritual mangkok merah. Ritual ini bukan ritual sembarangan, karena harus didiskusikan terlebih dulu dengan para tetua adat.


Mangkuk merah ini sebenarnya terbuat dari bambu atau tanah liat. Mangkok tersebut kemudian diisi dengan daun rumbia, bulu ayam, tali dan beberapa barang lainnya. Ritual ini sebenarnya sangat berbahaya, apabila dilaksanakan biasanya akan memakan banyak korban.

Kesaktian Panglima Burung tentunya sudah tidak diragukan lagi. Ia tidak mempan dibacok alias badannya kebal terhadap benda-benda tajam. Salah satu kesaktiannya yang sangat legendaris adalah mandau terbang.


Mandau adalah senjata tajam tradisional suku Dayak. Mandau terbang bisa mengetahui keberadaan musuh kemudian memburunya untuk dijadikan target hingga kepalanya terpenggal.

Nah itulah tadi sekilas pembahasan mengenai Panglima Burung, Sosok Sakti Pelindung Suku Dayak. berikan komentar kalian mengenai sosok ini ya..

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar