Misteri Crop Circle

Misteri Crop Circle - Sahabat SukaMitos pernah mendengar istilah crop circle..? beberapa tahun yang lalu sempat booming di indonesia karena pernah muncul di persawahan daerah jogja.. nah kali ini akan kita bahas di sini ya,, apa sih itu crop circle.??

Crop circle merupakan suatu pola teratur berbentuk lingkaran atau  bentuk-bentuk lain seperti geometri yang pada umumnya berukuran cukup besar dan biasanya terbentuk di ladang pertanian, biasanya hanya dalam waktu semalam pola-pola tersebut sudah terbentuk. Pertama kali muncul di Inggris pada tahun 1647.  Mulai saat itu, terbentuknya crop circle masih menjadi tanda tanya yang belum terjawab selama hampir 350 tahun.

Pada perkembangan selanjutnya, fenomena tersebut sering pula ditemukan di banyak negara, seperti Inggris, Amerika, Jepang dan Australia. Bentuknya pun beragam, dari lingkaran sederhana hingga bentuk bidang yang sangat rumit. Bahkan di antaranya berbentuk flora dan fauna yang unik. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa si pembuatnya adalah makhluk yang cerdas.


Ada beberapa teori yang tercetus tentang bagaimana Crop Circle terbentuk, teori-teori tersebut antara lain :

Teori Pertama
Crop circle dibuat oleh manusia, meskipun sebenarnya hal ini sulit dipercaya. Di Inggris, ada seseorang yang mengaku pernah membuat crop circle. Namun, pengakuan tersebut diragukan. Sebab, tidak mungkin seseorang mampu membuat gambat bidang lingkaran hanya dalam waktu satu malam tanpa alat bantu yang memadai. Lalu, kalau memang manusia yang membuatnya, apa tujuan sebenarnya membuat crop circle?

Teori Kedua
Crop circle disebabkan medan dan magnet. Seorang ahli  di Amerika , melakukan penelitian terhadap 130 lebih lingkaran di ladang gandum. Hasilnya, 90 persen di sekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel bertegangan tinggi. Jadi, setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan, akan menghasilkan energi magnet listrik sehingga mempu merobohkan gandum dan membentuk bidang-bidang aneh tersebut. Akan tetapi, teori tersebut pun masih belum dapat dipertanggungjawabkan. Sebab, masih banyak pertanyaan-pertanyaan seputar crop circle yang belum terjawab. Bagaimana beragam bentuk itu terjadi? Mungkinkah sebuah energi listrik dapat membentuk bunga atau kalajengking? Semua ini masih manjadi tanda tanya.

Teori Ketiga
Crop circle disebabkan karena angin tornado. Menurut Dr. Delon Smith (fisikawan dari Univeristas Michigan, AS), angin tornado merupakan penyebab utama yang membentuk lingkaran aneh tersebut. Melalui risetnya, ia mendapati bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung. Sedangkan, tempat seperti ini merupakan tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado. Namun, apakah angin tornado dapat membentuk lingkaran dengan ketelitian tertentu tersebut?

Teori Keempat
Pembuat crop circle adalah makhluk luar angkasa atau alien. Banyak yang meyakini bahwa sebagian besar lingkaran aneh yang terbentuk dalam waktu satu malam tersebut kemungkinan besar adalah hasil karya makhluk luar angkasa. Indikasinya, pada tahun 1990 fotografer Alexander mengatakan bahwa ia pernah melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum. Cahaya tersebut melayang-layang di udara di antara kedua lingkaran aneh. Lalu, keberadaan alien di perut bebek liar di San Fransisco (Amerika Serikat) semakin memperkuat dugaan ini.

Teori Kelima
Crop circle disebabkan oleh heterodoxy (pandangan sumbang). Sejumlah orang percaya bahwa dibalik lingkaran ladang gandum terdapat berbagai macam kekuatan gaib, mirip Segitiga Bermuda. Menurut dugaan, ada yang menyebut lingkaran aneh tersebut sebagai pertanda akan terjadinya bencana.

So, teori manakah yang benar? Jika, teori rasional tidak bisa menjawab penyebab fenomena alam tersebut, mungkinkah makhluk gaib berperan menciptakannya? Sepertinya, terbentuknya crop circle akan tetap menjadi misteri hingga menunggu para ilmuwan untuk menyingkapnya lebih lanjut.

Bagaimana tanggapan kalian,, silahkan tinggalkan dikolom komentar.. bye..

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar