Dracula, Vampir Penghisap Darah

Dracula, Vampir Penghisap Darah - Selamat malam sahabat sukamitos, kabar baik ya.. jangan pernah bosan baca artikel di sini ya... hehe.. Kali ini kita akan membahas tentang sosok mahluk yang bikin banyak orang takut.. kenapa..? karna suka menghisap darah.. siapakah dia..? nyamuk..? bukan,, tapi Dracula..!!

Siapakah Drakula..?
Drakula adalah vampir penghisap darah yang merupakan tokoh fiksi ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan tahun 1897. Kemungkinan besar tokoh dracula terinspirasi dari Vlad Tepes, pangeran kejam yang memerintah Wallachia pada abad ke-15 dengan tangan besi yang sangat terkenal saat perang salib.

Drakula adalah seorang bangsawan vampir yang diceritakan berasal dari kota Transilvania yang berada di Rumania.  Kelemahan Drakula adalah bawang putih, salib dan roti sakramen. Dia juga  lemah pada siang hari namun cahaya matahari sebenarnya tidaklah terlalu berbahaya baginya.

Pada umumnya drakula dideksripsikan bertubuh tinggi, mata yang bersinar, berkulit pucat serta memakai jas lengkap dengan sarung tangan. Peran Bella Lugosi dalam film klasik garapannya yang berjudul sama pada tahun 1931 memberikan pengaruh kepada publik tentang deskripsi umum Drakula.

Sifat Drakula sama seperti sifat dasar vampir pada umumnya. Ia merupakan makhluk yang tak bisa mati (immortal), peminum darah manusia atau binatang serta bersifat jahat. Sifat-sifat ini didukung pula dalam adaptasi berbagai novel sesudah novel Dracula. Beberapa diantaranya adalah The Vampyre dan Carmilla yang kebetulan adalah sumber inspirasi Bram Stoker dalam menulis novelnya.


Drakula banyak diadaptasi dalam bentuk film.  Beberapa film Drakula terkenal dekade 1980-1990 adalah film komedi Once Bitten (1985) oleh komedian Jim Carrey. The Lost Boy (1987) dibintangi Kathryn Bigelow merupakan box office, meraup keuntungan lebih dari 32 juta dolar Amerika.

Tahun 1990an Bram Stoker's Dracula karya Francis For Coppola beredar, film ini dibintangi Gary Oldman dan Keanu Reeves. Diikuti dengan film aksi Blade yang dibintangi Wesley Snipes .

Pada tahun 2000an Drakula kembali dipopulerkan melalui film Van Helsing (2004) yang dibintangi oleh Hugh Jackman yang mengubah petualangan Abraham Van Helsing (tokoh protagonis di novel Dracula (Novel)) menjadi penuh dengan aksi.Film romantis populer Twilight juga mengambil sosok vampir aristokrat seperti dalam Drakula.

Dan terakhir film Dracula Untold yang menceritakan pangeran muda Vlad Tepes berubah menjadi monster (dracula) yang ditakuti oleh rakyatnya sendiri demi mendapatkan kekuatan untuk melindungi keluarga dan kerajaannya ketika kerajaan terancam oleh bangsa Turki.

Nah itulah tadi cerita singkat dari sosok Dracula, Vampir Penghisap Darah, jika kalian punya cerita versi lain bisa di share pada kolom komentar ya sobat..

Sekian dulu sampai jumpa pada artikel selanjutnya..

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar