Cerberus, Anjing Berkepala Tiga

Cerberus, Anjing Berkepala Tiga - Apa kabar sobat sukamitos. Gak bosan kan baca-baca di blog kesayangan kita ini.. hehe.. Sebelumnya kita telah membahas mbak Medusa ya..,  nah kali ini kita akan membahas seekor mahluk mitologi dari yunani lagi nih.. hewan berbentuk anjing... tapi... kepalanya gak cuma satu.. Apa hayoo.. Yapp.. Cerberus ..!!

Siapa sih Cerberus ?
Dalam Mitologi Yunani, Cerberus adalah anjing berkepala tiga yang menjadi penjaga pintu masuk ke dunia bawah (underword). Dunia bawah diperintah oleh Hades sehingga dikenal pula sebagai Kerajaan Hades.

Cerberus bertugas mencegah siapapun yang masih hidup memasuki dunia orang mati. Namun, Cerberus tidak selalu bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Misalnya, Aeneas membius Cerberus dengan kue. Di lain versi, Cerberus pernah pula tertidur setelah mendengarkan musik.


Cerberus digambarkan sebagai makhluk yang sangat buas hingga para dewa dibuat takut kepadanya. Penggambaran dan asal usul Cerberus, yang juga dikenal sebagai Kerberos, cukup bervariasi.

Dalam kebanyakan mitos, Cerberus disepakati sebagai putra Echidna dan Typhon, yang membuatnya bersaudara dengan Lernaean Hydra, Chimera, serta beberapa makhluk menakutkan lain dalam mitologi Yunani.

Kebanyakan verski kisah menggambarkan Cerberus memiliki tiga kepala, meskipun versi lain menyatakan dia memiliki hingga 100 kepala. Cerberus juga kadang digambarkan memiliki surai dari kepala ular serta ekor ular.

Salah satu mitos terkenal tentang Cerberus melibatkan Hercules yang diperintahkan menculik makhluk ini dari dunia bawah sebagai tugas terakhir dari 12 tugas Hercules.

Sebelum memulai petualangan ke dunia bawah, Hercules mengikuti upacara Misteri Eleusinian, sebuah kultus Yunani Kuno yang berkisar tentang kesuburan dan tanah orang mati. Hercules menggunakan pengetahuan tersebut untuk menemukan pintu gerbang ke dunia bawah untuk kemudian menculik Cerberus.


Meskipun diculik, Cerberus rupanya tetap menakutkan. Air liur berbisanya tumbuh menjadi tanaman mematikan yang dikenal sebagai aconite. Banyak karya seni menggambarkan Cerberus.

Penjaga kuil di Yunani dan Romawi sering memelihara anjing untuk merepresentasikan Cerberus. Semua orang Yunani kuno percaya bahwa mereka akhirnya akan bertemu Cerberus ketika mati, sebelum memasuki Kerajaan Hades.

Nah itulah cerita singkat dari anjing buas berkepala tiga sang penjaga dunia bawah. mungkin teman-teman ada cerita versi lainnya..? bisa dituliskan pada kolom komentar ya.. terimakasih... sampai jumpa dicerita berikutnya.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar