Buraq, Hewan Dengan Kecepatan Kilat

Buraq, Hewan Dengan Kecepatan Kilat - Halo..  Selamat pagi sobat sukamitos, sehat ya.. Pada pagi yang cerah ini kita akan membahas tentang mahluk yang saya yakini benar adanya bukan sebuah mitos. Mahluk atau hewan ini pernah bertemu Rasulullah SAW.. Konon kecepatannya seperti kilat.. siapakah dia.? Yap betul.. Buraq ..!!

Apa itu Buraq ..?
Buraq merupakan kendaraan yang digunakan Nabi Muhammad SAW dan Jibril saat peristiwa Isra Mi'raj. Diberi nama buraq karena kecepatan melesatnya seperti kilat ( بَرْقٌ barq), adapula yang mengatakan bahwa dinamakan buraq karena badannya yang bersih dan juga mengkilat karna saking cepatnya, adapula yang mengatakan karena warna badannya putih.

Sebagai sosok yang sangat penting pada peristiwa isra mi'raj, sebenarnya buraq sendiri tidak pernah disebut dalam Al-Qur'an. Penjelasan tentang buraq hanya kita dapaktkan dari hadits-hadits.  Al-Qur'an hanya menyebut kata barqu, yang dalam kamus bahasa dapat diartikan sebagai "kilat". Kata barqu inilah yang kemudian dijadikan padanan untuk nama buraq.


Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Aku telah didatangi Buraq yaitu seekor binatang yang berwarna putih, lebih besar dari keledai tetapi lebih kecil dari baghal. Ia merendahkan tubuhnya sehingga perut buraq tersebut menempel ke bumi." (HR. Bukhari Muslim).

Setelah didatangi buraq, Nabi Muhammad SAW langsung menaikinya menuju Baitul Maqdis. Setelah sampai di Baitul Maqdis beliau mengikatnya pada tiang masjid. Kemudian Beliau masuk ke dalam masjid dan mendirikan shalat sebanyak dua rakaat.

Setelah itu Jibril membawa Nabi ke langit. Sejak langit pertama sampai langit ke tujuh, berturut - turut Nabi bertemu dan disambut oleh para Nabi seperti Nabi Adam (langit pertama), Nabis Isa dan Zakaria (langit kedua), Nabi Yusuf (Langit ketiga), Nabi Idris (langit keempat), Nabi Harun (langit kelima), Nabi Musa (langit ke enam), dan Nabi Ibrahim (langit ke tujuh).

Setelah sampai langit ketujuh, Nabi menuju Sidratul Muntaha. Di Sidratul Muntaha itulah, akhirnya Nabi mendapatkan perintah dari Allah untuk mengerjakan shalat lima waktu.


Demikian proses perjalanan Nabi dalam isra mi'raj untuk menerima perintah shalat. Dari keterangan hadits di atas tampak bahwa buraq adalah seekor binatang yang berwarna putih, bukanlah sebuah pesawat terbang.

Itulah tadi sedikit cerita tentang Buraq, Hewan Dengan Kecepatan Kilat. Walaupun sangat tidak masuk akal hewan bisa melesat secepat itu, Sebagai umat islam kita wajib mempercayainya.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar