Elf, Bangsa Para Peri

Banyak mitologi Eropa menceritakan tentang kisah pada banyak cerita dongeng tentang makhluk bernama elf. Elf seringkai dikait-kaitkan dengan sesuatu yang bersifat baik dan jenaka. Ada cerita yang mengatakan kalau mereka tinggal di hutan dan menjaga kelestarian hutan. Ada juga yang berkata mereka mampu membaca dan meramalkan kapan datangnya bencana. Bahkan, ada cerita yang mengatakan jika mereka adalah roh baik di dalam pohon di hutan oak. Dibalik itu ternyata banyak yang kita belum ketahui tentang siapa dan apa itu elf? Apa mereka benar-benar baik? Seperti apa rupa dan bentuk elf itu? Dan apa saja jenis-jenis elf?

Secara umum elf adalah sejenis makhluk mitologi yang menyerupai manusia namun memiliki ukuran tinggi lebih pendek dari manusia rata-rata. Mereka juga bertubuh ramping, luwes atau gesit dan mampu bergerak sangat cepat dibandingkan manusia. Mereka berukuran rata-rata tinggi lima sampai enam kaki dengan berat sembilan puluh lima sampai seratus tiga puluh lima pon. Elf laki-laki terlihat dari tubuhnya lebih berotot dan lebih berat ketimbang elf perempuan. Terkadang beberapa elf laki-laki juga secara fisik terlihat dari janggut dan kumis yang dipelihara dengan baik. Ciri-ciri mereka secara umum selain tubuhnya yang kecil, adalah bertelinga panjang, lebar, dan runcing pada ujungnya. Kebanyakan elf memiliki kulit yang berwarna keemasan dan berambut gelap. Mereka juga diberi kepandaian dalam memelihara dibandingkan ras lain, terlihat dari cara berpakaian mereka yang baik dan rapi.

Elf mampu bangun lebih lama dan tidak tidur seperti kebanyakan makhluk lain. Mereka rata-rata tidur kurang lebih empat jam sehari. Itu membuat mereka tidak mudah terpengaruh oleh mantra-mantra penidur dan juga lebih aktif daripada ras lain.

Elf juga tidak mengalami penuaan atau penambahan usia yang terlihat secara fisik seperti makhluk lain. Rata-rata mereka terlihat seperti umur dua puluh lima tahunan dari awal lahir hingga akhirnya mereka mati. Yang membuatnya lebih tua saat bertambahnya usia secara fisik adalah kekuatan mereka berkurang namun secara mental mereka bertambah kuat.

Dalam mitologi dan legenda Jerman, elf atau alp dikategorikan makhluk kedalam makhluk supernatural. Digambarkan makhluk yang memiliki kekuatan sihir, para elf  menggunakannya untuk mengganggu manusia. Dan komunitas kristen saat itu, memiliki firasat buruk tentang para elf. Bahkan di masa Anglo-Saxon awal abad sepuluh,  banyak buku medis yang mencatat peristiwa dimana manusia kala itu sering diganggu dan dilukai para elf. Kebanyakan dari mereka mengganggu melalui mimpi. Seseorang yang diganggu oleh mereka akan diberikan mimpi buruk hingga seseorang itu mengalami trauma kejiwaan hingga akhir hayatnya.



Dalam literatur Inggris di masa kepemimpinan Elizabeth, para elf sering dikait-kaitkan dengan peri dari kebudayaan Romawi. Pada akhirnya keduanya jadi seringkali sulit dibedakan. Karya-karya Shakespear yang banyak terpengaruh gaya Roman atau Romawi, menjadikan elf sebagai inspirasi dari banyak karyanya. Namun banyak pula balada-balada yang berasal dari kepulauan Inggris dan Skandinavia era pertengahan menceritakan manusia yang bertemu dengan para elf. Salah satunya adalah sebuah kisah diceritakan dimana elf memikat manusia dengan tarian mereka dan menyebabkan kematian dengan cara yang tidak bisa dijelaskan. Di Skandinavia sendiri, elf seringkali diceritakan sering berperang dengan makhluk bernama Huldra.

Berbeda dengan Jerman dan Inggris raya, akhir abad sembilan belas, Amerika mengenang dan membuat sebuah perayaan yang berlangsung hingga kini yang disebut “Christmas Elves” yang juga mengilhami seorang penulis ternama J.R.R. Tolkien.

Sebutan elf sendiri diambil dari bahasa Inggris lama yang diadaptasi dari bahasa Norwegia lama; alfr, dan Jerman lama; alp, elbe, elber atau elpi yang berarti putih. Inggris menyebut elf untuk elf laki-laki, elven untuk elf perempuan dan aelf, ylfe dalam ejaan Inggris lama panggilan untuk elf secara umum. Dalam literatur gothic, elf disebut albs, albeis atau albila.

Menurut Elder Edda (kumpulan puisi Nordic; Islandia), para elf yang hidup adalah keturunan dari Aesir yang berasal dari ras dewa dan Alfar, ras elf murni. Keturunan elf pertama mereka adalah elf cahaya (Light Elves), elf kegelapan (Dark Elves), dan elf hitam (Black Elves) atau yang biasa dikenal dengan kurcaci (Dwarves). Di Alvissmal, elf cahaya dan elf kegelapan hidup dan tinggal di sebuah tempat bernama Alfheimr atau Yggdrasil, dunia tumbuhan. Mereka sering mengadakan pertemuan dan berkumpul disebuah tempat di Alfheimr yang bernama Aegir. Sedangkan elf hitam tinggal di Svartalfheim. Alfheimr adalah rumah dari para elf cahaya dengan seorang elf bernama Freyr sebagai panglima perangnya.

Diluar cerita asal muasal para elf, mereka juga dapat menikah dengan ras lain diluar ras elf. Seperti dalam Thildrek Saga, dimana diceritakan seorang ratu manusia terkejut setelah mengetahui jika yang membuatnya mengandung bukanlah seorang manusia, melainkan elf. Dari keduanya, lahirlah hasil perkawinan manusia dan elf yang bernama Hogni. Sedangkan dalam kisah Hrolf Kraki disebutkan, seorang raja manusia bernama Helgi, menculik dan memperkosa elf perempuan yang menurutnya perempuan tercantik yang pernah ia lihat. Dari elf perempuan itu lahirlah Skuld yang akhirnya menikah dengan Hjovard, yang membunuh Hrolf Kraki. Disebutkan dalam kisah Hrolf Kraki jika Skuld sangat pandai ilmu sihir, dia hampir tidak terlihat dalam peperangan. Skuld memiliki banyak sekali pasukan elf yang turun dalam peperangan itu, terutama para elf petarung.

Kepercayaan akan kekuatan dan adanya elf juga ada dalam kepercayaan animisme yang disebut sebagai ruh dari alam. Dalam kepercayaan mereka, elf digambarkan sebagai ruh penjaga yang tidak memiliki batasan fisik. Melayang dan mampu menembus benda padat, seperti diceritakan dalam Norna-Gests battr.

Adapun beberapa jenis elf yang dikenal dari beberapa mitos dunia antara lain:

• Elf Air (Aquatic Elves)

Elf jenis air ini tinggal dibawah permukaan air di banyak lautan besar diseluruh dunia. Mereka hidup dan bernapas dalam air seperti elf-elf lain yang hidup diatas permukaan. Secara fisik, elf jenis air biasanya berkulit agak kehijauan dan terdapat selaput pada sela-sela jari tangan maupun kaki mereka. Juga terdapat insang pada leher mereka.

• Elf Bersayap (Winged Elves/Avariel Elves)

Elf avariel adalah jenis elf yang bersayap. Mereka tinggal dibanyak pegunungan. Jumlah populasi mereka sangat sedikit dikarenakan seringnya mereka bertarung dengan musuh bebuyutan mereka para dragon dan minimnya tempat tinggal mereka saat ini.

• Elf Cahaya (Light Elves/Ljosalfar)

Elf cahaya digambarkan sebagai elf yang paling cantik. Mereka adalah malaikat penjaga dewa Freyr. Para elf cahaya adalah pengatur sekaligus penegak keadilan di Alfheimr. Mereka juga dianggap dewa alam dan tumbuh-tumbuhan. Mereka memiliki ilmu sihir yang tinggi dan kepintaran yang lebih daripada sub-ras elf yang lain.

• Elf Kegelapan (Dark Elves/Drow/Ssri-Tel-Quassir/Drizzt Do’Urden/Dokkalfar)

Drow adalah sekumpulan elf yang dibuang ke daerah subterranean underdark, dan mereka terkenal sangat jahat dalam sub-ras elf. Secara fisik, kulit mereka cenderung lebih gelap dan berambut abu-abu atau kuning pucat. Kebanyakan mereka memiliki mata berwarna merah darah. Tubuh mereka lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan kebanyakan sub-ras elf lainnya. Ras elf kegelapan seringkali diidentikkan dengan kurcaci (Dwarves). Mereka disebut-sebut lebih pekat dari pitch.
Para drow tinggal di sebuah kota besar dibawah permukaan bumi dan ada juga sebagian lain berada di permukaan bumi. Kebanyakan Drow yang tinggal di permukaan bumi diibaratkan iblis oleh ras-ras lain penghuni pemukaan bumi. Selain iblis, mereka juga disebut Drizzt Do’Urden (Dark Elf trilogy/Icewinddale). Mereka yang tinggal dipermukaan adalah pengikut dari Vhareaun. Elf yang terkenal dari jenis Drow adalah Archmage Gromph Baerne atau Jarlaxie si raja yang tamak.

• Lythari
Ini adalah jenis elf hutan pertama pada ras elf. Mereka memiliki kemampuan merubah dirinya menjadi serigala sesuai kemauan mereka. Berbeda dengan werewolves, mereka mampu menjaga kesadaran dan pikiran mereka meski mereka menjadi seekor serigala. Namun para peneliti melihat ini sangat berbeda dari ras elf kebanyakan, jadi akhirnya mereka dipisahkan dari silsilah dasar para elf.

• Elf Bulan (Moon Elves)
Mereka adalah jenis elf yang paling sering ditemui. Mereka rata-rata memiliki rambut berwarna abu-abu atau perak dan kulit yang kekuningan. Mata mereka berwarna biru atau hijau dengan flek disekitar matanya yang berwarna keemasan. Pakaian mereka simpel. Biasanya hanya dibalut dengan selembar kain berwarna cerah dengan paduan motif dan manik-manik yang unik. Beberapa elf bulan memiliki tato atau gambar ditubuhnya walaupun tak sebanyak yang dimiliki elf liar.

Meskipun mereka bukan elf pertama yang datang ke Faerun, tapi perpindahan mereka adalah yang terbesar setelah kekalahan mereka dan meninggalkan tempat tinggal mereka, Orishaar. Mereka datang untuk membantu negara-negara para elf setelah Crown Wars dengan para elf yang tersisa yang bersembunyi di sebuah tempat terpencil di Evereska. Elf yang paling dikenal dari jenis ini adalah Crimelord Elaith Craulnober.

• Elf Bintang (Star Elves/Ruar-Tel-Quassir)
Asal muasal sub-ras elf bintang sebenarnya masih menjadi pertanyaan.  Apakah mereka sebenarnya berasal dari Toril ataukah mereka bermigrasi ke dari Faerie seperti kebanyakan para elf lainnya. Tak ada satupun bukti dari adanya kerajaan Elf Bintang baik secara lisan ataupun tertulis. Mereka tersebar dan menjadi bagian dari sebuah negara yang bernama Yuireshanyaar, bagian terluar Sildeyuir.

Elf bintang dikenal elf yang paling hati-hati dibandingkan elf lainnya. Meskipun mereka dekat dengan manusia, mereka pernah membenci manusia karena manusia dianggap mengancam tempat tinggal mereka. Namun setelah mereka mencoba terbuka, semua kebencian dan kecurigaan mereka akhirnya mereka tinggalkan. Para elf bintang menyukai keindahan. Mereka pandai membuat barang-barang yang memiliki unsur keindahan. Mereka senang berdansa, bernyanyi, dan berpesta. Musik yang mereka mainkan seringkali bertempo tinggi. Bahkan meski lagu yang mereka ciptakan itu cepat, pesan yang mereka sampaikan bisa saja tentang kesedihan.

Kecintaannya pada kedamaian mungkin yang menjadi alasan mereka tidak pernah mau ikut berperang. Para elf dari Yuireshanyaar hidup damai selama ribuan tahun. Namun pada DR-1250, saat Unther mendeklarasikan perang di Yuireshanyaar. Para elf lebih memilih menghindari perang dan lari kedalam hutan Yuirwood. Mereka mendirikan negara baru bersama para elf liar yang menghuni Yuirwood lebih dulu dari mereka. Tidak berapa lama kemudian, terjadilah perang Orcgate, diamana keputusan Yuireshanyaar untuk tidak mengikuti Unther untuk berperang ternyata pilihan yang bagus. Para elf akhirnya memutuskan untuk membangun dunia mereka sendiri. Dimana mereka dapat hidup bahagia dan damai dari peperangan.

• Elf Salju (Snow Elves)
Elf ini berkulit pucat putih yang tinggal di dataran tinggi atau puncak-puncak gunung tinggi diseluruh dunia. Mereka menyembah Tarsellis Meunniduin, raja dari semua pegunungan. Mereka adalah elf yang paling taat beribadah dengan pendeta mereka yang dikenal dengan peakwardens atau para penjaga puncak.

Secara tradisi elf salju memiliki ritual khusus. Para elf yang baru pertama memangsa musuh mereka, diwajibkan untuk memakan jantung atau hatinya. Para elf salju dikenal sebagai pemburu dan pengumpul makanan terbaik. Saat mereka tidak mencari makanan, mereka beristirahat cukup dan berlatih untuk melawan apapun yang akan memasuki wilayahnya. Dan siapapun elf salju yang keluar dari wilayahnya harus menunggu keputusan kepala sukunya untuk kembali pulang.

• Elf Matahari ( Gold Elves / Sun Elves )

Elf jenis ini biasanya dapat ditemui di pulau Evermeet. Mereka memiliki warna kulit coklat menyala, berambut emas, pirang atau kadang ada juga yang berambut hitam.

• Elf Pedalaman/Elf Primitif (Wild Elves/Barbaric Elves)
Elf jenis ini jenis yang paling sulit ditemui. Mereka mengisolasi diri ditengah hutan dan memiliki kemampuan untuk bersembunyi dan menghilang. Mereka adalah elf primitif. Memiliki warna rambut yang bersinar seiring penuaannya.

• Elf Hitam (Black Elves/Svartalfar)
Sub-ras elf hitam adalah penghuni dari Svartalfahiemr. Selain elf kegelapan, elf hitam juga sering disebut-sebut kurcaci (Dwarves). Kebanyakan dari elf hitam adalah pandai besi. Mereka menciptakan rantai Gleipnir dan dipersembahkan kepada para dewa untuk mengikat Fenrir.

• Elf Bayangan (Shadow Elves)
Elf bayangan memiliki bentuk fisik yang mirip dengan eelf kebanyakan. Mereka bertubuh pendek dan ramping juga mampu bergerak sangat lincah dan memiliki kekuatan yang besar. Warna kulit dan rambut mereka cenderung pucat dibandingkan banyak sub-ras elf lainnya. Kelebihan mereka adalah mampu melihat dalam gelap atau keadaan yang tanpa cahaya sama sekali.

Elf jenis ini sangat membenci matahari dan memilih untuk tinggal di underdark. Apabila melihat matahari, mata mereka akan terbakar dan seketika mati. Umur terlama dari sub-ras ini adalah lima ratus tahun. Elf bayangan lebih senang mengasingkan diri dalam komunitasnya sendiri. Mereka keluar pada malam hari untuk mencari mangsa atau mencuri makanan.

Elf bayangan memiliki sifat yang sangat angkuh dan arogan dibanding elf lainnya.

• Elf Hutan (Bosmer/Wood Elves/Copper Elves/Or-Tel-Quessir/Silvan Elves)
Elf hutan adalah jenis elf yang tinggal di hutan-hutan tinggi. Mereka memiliki kekuatan yang besar ketimbang kepintarannya. Kulit mereka berwarna merah kecoklatan, berambut hitam, coklat kemerahan. Mereka memiliki mata berwarna hijau, coklat, atau hijau tua.

Mereka hidup di dalam hutan bersama alam dan binatang-binatang buas. Mereka adalah pemanah terbaik dan terkenal dengan kemampuan mereka memerintah binatang-binatang buas. Mereka dapat memerintahkan para binatang untuk mencuri makanan atau menjaga tempat tinggal mereka dari ras lain yang ingin mengganggu tempat tinggal para elf hutan. Hubungan elf hutan dan para Nordik juga sangat harmonis. Mereka menjaga hutan-hutan bangsa Nordik saat para Nordik pergi berperang.

Anda mungkin juga ingin membaca :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar